Negara-negara Arab Didesak Bantu Palestina

Kompas.com - 03/10/2011, 10:38 WIB
EditorEgidius Patnistik

KAIRO, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil el-Arabi, Minggu (2/10/2011), mendesak negara-negara Arab untuk memberikan lebih banyak bantuan keuangan kepada otoritas Palestina. Desakan itu merupakan tanggapan atas keputusan Kongres AS yang menghentikan bantuan ke Palestina.

Pernyataan Arabi tersebut dikemukakan dalam konferensi pers bersama dengan anggota Komite Ekesekuti Organisasi Pembebasan Palestina, Saeb Erekat, yang tiba di Kairoi, Sabtu. Otoritas Palestina mengecam keputusan Kongres AS yang membekukan bantuan senilai 200 juta dolar AS kepada Palestina. Pembekuan bantuan itu terkait upaya Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh di PBB. Arabi menegaskan, adalah hak rakyat Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB seperti negara lain.

Tentang respon dunia Arab atas kemungkinan veto AS di Dewan Keamanan PBB, Arabi mengatakan, negara-negara Arab berusaha untuk memobilisasi dukungan internasional melalui komunikasi dengan para pelaku penting di arena internasional. Menurut Erekat, Palestina tidak akan bisa diperas oleh bantuan keuangan, dan menambahkan bahwa keanggotaan penuh PBB dan penentuan nasib sendiri bukan untuk tawar-menawar.

Sementara itu, dukungan negara-negara dan tokoh-tokoh internasional semakin tak terbendung bagi upaya Palestina di PBB. Presiden Otoritas Nasional Palestina, Mahmoud Abbas, mengajukan tawaran bagi keanggotaan penuh PBB pada 23 September 2011.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.