Presiden John F Kennedy dan USAID

Kompas.com - 28/09/2011, 22:06 WIB
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel, Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) Glenn Anders, dan para mitra dari sektor pemerintah dan swasta Indonesia, Senin (3/10/2011) akan merayakan ulang tahun ke-50 USAID dalam sebuah resepsi di @America, Jakarta.

Menurut rencana, Dubes Marciel dan beberapa tokoh akan memberikan kata sambutan untuk memperingati hari yang penting ini.

Pada Oktober 1961, Presiden John F Kennedy mengesahkan UU Bantuan Luar Negeri tahun 1961 (1961 Foreign Assistance Act) yang merupakan cikal bakal USAID. Sebulan kemudian Presiden Kennedy mengangkat tim Direktur USAID yang pertama.

Kedubes AS, Rabu (28/9/2011) menyebutkan, limapuluh tahun kemudian, USAID telah memiliki perwakilan di lebih dari 80 negara di empat kawasan: Afrika Sub Sahara, Asia dan Timur Dekat, Amerika Latin dan Karibia, serta Eropa dan Eroasia.

Sejak 1950-an, USAID menjalin kemitraan dengan pemerintah dan rakyat Indonesia. Kerangka kerja sama antara AS dan Indonesia tertuang di dalam Kemitraan Komprehensif dan kemitraan tersebut mencakup bidang-bidang seperti peningkatan pendidikan, perdagangan dan investasi, hak asasi manusia, kerja sama energi dan keamanan, dan mengatasi perubahan iklim.

Walaupun Kemitraan Komprehensif merupakan hal yang baru, akan tetapi tidak demikian dengan bidang-bidang kerja sama tersebut. Sejak awal berada di Indonesia, USAID telah mendukung perekonomian, pembangunan, dan bantuan kemanusiaan di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.