Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatchback Korea Bercita Rasa Eropa

Kompas.com - 16/09/2011, 05:25 WIB

Kia Rio terbaru dengan beragam warna berjejer rapi di areal parkir Qantas, Bandara Adelaide, pertengahan Agustus lalu. Rombongan wartawan dari Asia Pasifik terkesan melihat jejeran mobil-mobil tersebut. Kia Rio generasi keempat, yang di Indonesia akan dipasarkan dengan nama Kia All New Pride memang meninggalkan desain Kia Pride pendahulunya.

Chief Desain Officer Kia Peter Schreyer memberi identitas baru terhadap tampilan Kia All New Pride. Hal yang sama juga dialami Kia All New Sportage dan Kia All New Picanto.

Penampilan eksterior mobil-mobil produk terbaru Kia yang lahir dari tangan dingin Schreyer itulah yang ternyata menjadi perhatian para pemerhati mobil. Produsen mobil asal Korea Selatan meraih tiga penghargaan desain tertinggi Best of The Best pada kontes Automotive Brand Contest yang diselenggarakan German Desain Council, baru-baru ini.

Selain Kia Rio (Kia All New Pride), German Desain Council juga memberi gelar Best of The Best desain untuk SUV Kia All Sportage dan sedan Kia All New Optima.

”Kami sangat bangga dengan penghargaan yang sangat penting bagi industri otomotif itu. Dengan mengubah fokus desain dasar, kami mengubah sosok produk kami dengan identitas yang berbeda,” kata Schreyer.

Ya, pengalaman desainer kelahiran Jerman sebagai desainer Audi memberi warna Eropa pada mobil-mobil produksi Kia yang didesainnya. Ia antara lain membidani Audi TT, Audi A6, dan Audi A3. Dari tangan Schreyer pula lahir desain mobil Volkswagen New Beetle dan Golf. Di bawah kepemimpinan Schreyer, produsen mobil asal Korea Selatan itu keluar dengan wajah baru, yang tidak lagi berbau Korea atau Jepang.

”Harus diakui nuansa Eropa memang sangat kental pada Kia Rio,” kata Massimo Frascella, desainer Kia Rio dari Studio Desain Kia California, AS, seusai konferensi pers Kia Rio Media Launch di Barossa Valey, Australia Selatan, 17 Agustus lalu, yang dihadiri sekitar 30 wartawan dari Australia dan Asia Pasifik.

Keputusan mengubah desain Kia dengan ”nuansa Eropa” itu bukan tanpa alasan. Selama ini, mobil Korea memang kurang kuat di pasar Eropa, terutama untuk segmen subkompak. Itu sebabnya, All New Pride muncul dengan sosok baru yang lebih canggih dan kendaraan yang berkelas.

Penampilan paling menantang dari Kia All New Pride ini adalah grill depan yang menonjol, mengikuti desain All New Sportage dan sedan Kia Optima dipadu dengan tampilan hatchback bagian belakang.

Pada desain-desain terbaru mobil Kia di bawah arahan Schreyer, ciri khas yang menonjol adalah gaya yang dikenal dengan tampilan ”tiger nose”. Demikian halnya dengan Kia All Pride ini, garis tegas tiga dimensi di ”wajah” grill terasa sangat kuat dan meyakinkan, serta bersahabat. Lampu depan dan belakang dengan bola lampu LED dengan lensa projection type dan batok menambah kesan kuat dan bergaya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com