Saif Khadafy Ditahan!

Kompas.com - 22/08/2011, 07:47 WIB
EditorEgidius Patnistik

BENGHAZI, KOMPAS.com - Putra pemimpin Libya Moamar Khadafy, Saif al-Islam, telah ditahan, kata kantor Jaksa Penuntut Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC).

Sementara itu, seorang pejabat senior Dewan Peralihan Nasional (NTC), Abdullah Almayhop, mengatakan putra tertua Khadafy, Mohammed, menyerah kepada gerilyawan.

Pasukan oposisi Libya telah menguasai ibu kota Libya, Tripoli, dan sedang membersihkan sisa pasukan Khadafy, kata Abullah Almayhop, sebagaimana dilaporkan kantor berita China, Xinhua. Pasukan oposisi yang datang dari Misratah, Zawiya, Suman dan Gharyan bergabung dalam pertempuran tersebut.

ICC juga mengatakan, Mahkamah Kejahatan Internasional telah mengajukan tuntutan terhadap Saif dan Mohammed Al-Khadafy. Jaksa ICC Luis Moreno-Ocampo, Senin (22/8/2011), mengatakan kepada AFP, "Saya telah menerima keterangan rahasia yang menyatakan ia (Saif) telah ditangkap."

Sebelumnya, pemimpin NTC mengatakan kepada stasiun televisi Al-Jazeera dari Benghazi bahwa ia "memiliki informasi, Saif al-Islam telah ditangkap. Ia kini ditahan di tempat aman dengan penjagaan ketat sampai ia diserahkan kepada petugas kehakiman," kata Abdel Jalil, tanpa menyebutkan tanggal atau tempat putra Khadafy itu dilaporkan ditangkap.

Sebelum aksi perlawanan meletus pada Februari, Saif al-Islam dipandang oleh banyak kalangan sebagai orang yang paling mungkin menjadi calon pengganti ayahnya, kendati secara terbuka ia mengesampingkan ambisi keluarga. Ia telah lama menjadi duta pemerintah Khadafy di Barat yang tampil dengan pakaian rapi, berjas, dan fasih berbahasa Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.