Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moody's Tetapkan AS Masih AAA

Kompas.com - 03/08/2011, 08:52 WIB

WASHINGTON, KOMPS.com- Lembaga pemeringkat Moody's Investors Service, Rabu (3/8/2011), menyatakan peringkat utang AS tetap berada pada posisi AAA, setelah ada ketetapan mengenai penghematan anggaran dan penambahan pagu utang. Akan tetapi, Moody's memberikan prospek negatif terhadap utang AS.  

Prospek negatif berarti dalam waktu dekat kemungkinan peringkat akan diturunkan. Penurunan peringkat akan dilakukan jika pemerintah tidak disiplin dalam mengelola fiskalnya atau perekonomian memburuk secara signifikan.  

Penurunan peringkat kredit menyebabkan naiknya tingkat suku bunga yang diminta oleh kreditor. Dampaknya akan cukup besar terhadap perekonomian secara umum. Naiknya tingkat suku bunga berarti pemerintah, perusahaan bahkan perorangan  harus membayar bunga lebih tinggi lagi jika meminjam uang. Moody's belum pernah memberikan peringkat lebih rendah dari AAA kepada pemerintah AS sejak mulai mengamati utang AS pada tahun 1917.  

Sebelumnya, pemeringkat lain, Fitch Ratings menyatakan tindakan Kongres meningkatkan pagu anggaran dan membuat pemangkasan merupakan langkah penting tetapi bukanlah akhir dari sebuah proses.

Fitch berharap akan ada kesimpulan mengenai kajiannya terhadap peringat utang AS ini pada akhir Agustus. Pejabat Fitch menyatakan mereka sedang mengamati perkembangan dan hal-hal yang mungkin akan memperburuk masalah utang pemerintah.  

Menurut Moody's, pemangkasan anggaran sebesar 917 miliar dollar AS dalam 10 tahun serta pembentukan komite kongres yang harus membuat rekomendasi tambahan penghematan sebesar 1,5 triliun dollar AS belum teruji. "Kombinasi pembentukan komite kongres dan mekanisme otomatis untuk mengurangi fiskal belum teruji.  Jika  ada mekanisme baru yang ditetapkan oleh UU Kontrol Anggaran ternyata tidak efektif akan memberikan pengaruh buruk terhadap peringkat," demikian pernyataan Moody's.

Standard & Poor's belum memberikan komentarnya. Menurut S&P, paket penghematan itu seharusnya bernilai 4 triliun dollar AS, untuk mencapai tingkat utang yang dapat dikelola dengan baik. S&P tampaknya merupakan pemeringkat yang paling mungkin menurunkan peringkat kredit AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com