Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Akan Kirim Dubes untuk ASEAN

Kompas.com - 22/07/2011, 15:39 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara, Jumat, mengatakan pihaknya akan mengirim seorang duta besar untuk ASEAN untuk memperluas hubungan dengan kelompok beranggotakan 10 negara itu. "Pemerintah DPRK (Korea Utara) memutuskan akan mengirim duta besarnya ke ASEAN untuk lebih memperluas dan membangun hubungan persahabatan dan kerja sama dengan ASEAN," kata seorang juru bicara kementerian luar negeri kepada kantor berita resmi Korut, KCNA.

Ini akan meningkatkan "saling percaya dan kerja sama yang saling bermanfaat", katanya. Tidak ada rincian yang diberikan tentang siapa yang akan memangku jabatan itu atau di mana duta besar itu akan ditempatkan. Markas besar ASEN berada di Jakarta.

Korut selalu memberikan "perhatian besar bagi pembangunan  hubungan dengan ASEAN dengan sejarah dan tradisi yang panjang," kata juru bicara itu. "ASEAN muncul sebagai kekuatan politik dan eonomi berpengaruh yang mendorong perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan kawasan itu dengan prinsip menghormati kedaulaan, tidak melakukan campur tangan dalam urusan dalam negeri negara anggota."

Pernyataan itu bertepatan dengan dibukanya Forum Regional ASEAN (ARF) di Bali. Menlu Korut Pak Ui-Chun termasuk di antara yang hadir dalam pertemuan tu. Korut ikut bergabung dengan ARF tahun 2000 dan menyetujui  Perjanjian Perdamaian dan Kerjasama di blok Asia Tenggara itu tahun 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com