Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Paris Ikut Festival Kebudayaan Asia

Kompas.com - 01/07/2011, 23:44 WIB

LONDON, KOMPAS.com — KBRI Paris berpartisipasi pada Festival Kebudayaan Asia "Chatel en Fete" di kota Chatelaillon Plage, sekitar 500 km dari barat daya Paris, atas undangan dari wali kota setempat.

Festival kebudayaan diselenggarakan setahun sekali di kota pariwisata tersebut dengan mengambil tema yang berbeda-beda setiap tahun, demikian Sekretaris Dua KBRI Paris Gita Loka Murti kepada Antara London, Jumat.

Festival ini terdiri dari parade kebudayaan, pendirian stan negara-negara peserta, pentas seni di panggung, pameran makanan, dan pertunjukan kembang api.

Tahun ini festival dihadiri lebih dari 450.000 pengunjung selama dua hari penyelenggaraan. Festival berlangsung sangat meriah dan pengunjung memadati panggung, stan Indonesia, serta jalur parade dan daerah pantai di mana pertunjukan kembang api berada.

Pertunjukan kembang api berlangsung selama 20 menit di atas pantai Chatelaillon yang disambut tepuk tangan dan teriakan kegirangan para penonton yang terkesima oleh paduan musik Asia dan berkilauannya ledakan-ledakan kembang api.

Negara-negara Asia yang kebudayaannya ditampilkan pada festival tersebut adalah Indonesia, Vietnam, Kamboja, China, Jepang, dan Thailand.

KBRI Paris secara khusus diundang untuk memeriahkan acara tersebut dengan menampilkan pertunjukan kesenian berupa tari-tarian dari berbagai daerah di Indonesia selama dua hari.

KBRI juga meminjamkan pakaian tradisional Indonesia dan berbagai ornamen dekorasi untuk acara tersebut.

Selain tim kesenian dari KBRI Paris, masyarakat setempat yang mewakili Indonesia juga berimprovisasi dengan menampilkan kesenian Indonesia yang merupakan perpaduan seni tradisional dan kontemporer.

Pada acara gala dinner yang diselenggarakan sebelum pertunjukan kembang api, Wali Kota Chatelaillon Plage, Jean Louis Leonard, mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan atas perhatian dan partisipasi KBRI Paris dalam memeriahkan acara tersebut.

Wakil dari KBRI Paris dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas undangan yang disampaikan kepada KBRI Paris dan inisiatif Kantor Wali Kota Chatelaillon dalam menampilkan kebudayaan Indonesia sebagai bagian dari festival tersebut.

Gala dinner dihadiri oleh wakil dari Conseil General departemen setingkat kabupaten Charente Maritime dan pejabat kantor wali kota dari kota-kota di sekitar Chatelaillon Plage.

Kemeriahan festival tersebut merupakan sarana yang baik untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia kepada publik dan wisatawan yang mengunjungi kota Chatelaillon Plage pada saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com