Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Murah di Kaltim Segera Terwujud

Kompas.com - 10/06/2011, 21:41 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com -  Program Kemenpera mengenai rumah murah seharga Rp 25 juta untuk masyarakat berpenghasilan rendah segera terwujud.

Hari Jumat ini Ketua Umum DPP Apersi Eddy Ganefo dan M Hidayat, Wakil Ketua Umum DPP Apersi bersama Kepala Cabang BTN Balikpapan Ansar Andi Said Jakile meninjau langsung pembangunan rumah contoh tersebut di lokasi Batakan, Kelurahan Manggar, Balikpapan.

Rencananya akan dibangun sebanyak 1.000 unit rumah murah di atas lahan seluas 16 ha Saat ini sudah dimulai pembangunan beberapa unit rumah contoh diperkirakan akan selesai minggu depan.

Menurut Karel Sukmajaya, Dirut PT Cipta Griya Sarana Asri, pengembang rumah murah tersebut sudah banyak masyarakat yang datang mau memesan rumah tersebut diperkirakan lebih dari 1.300 orang yang telah datang.

"Tapi kami belum bisa memutuskan karena masih menunggu petunjuk pelaksanaan dari kemenpera agar tidak salah sasaran. Setelah juklak atau juknis rumah murah dari kemenpera selesai baru kami lanjutkan dengan pembangunan 1.000 unit rumah tersebut, ujar karel. Kalau kondisi normal rencananya pembangunan 1unit rumah dapat diselesaikan dalam waktu 14 Hari dengan tipe 36," kata Karel.

Pembangunan rumah murah tersebut mendapat respon positif dari Pemerintah Kota Balikpapan baik berupa perizinan maupun fasilitas lainnya. Kemenpera akan membantu PSU berupa jalan dan drainase untuk 1.000 unit rumah tersebut.

Sementara Bank BTN Balikpapan meresponnya dengan langsung terjun ke lokasi perumahan tersebut.

Eddy Ganefo dalam siaran persnya Jumat malam mengatakan, inilah bentuk keseriusan Apersi mendukung program Kemenpera dan pemerintah yang pro-masyarakat kecil. "Mudah-mudahan akan disusul oleh daerah lainnya. Kami juga mengharapkan pemerintah daerah se-Indonesia ikut terpanggil mewujudkan pengadaan rumah murah dengan cara menyediakan dan menghibahkan lahan milik pemerintah kepada masyarakat miskin," kata Eddy Ganefo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com