Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makassar Sebagai Pusat Distribusi Garuda

Kompas.com - 31/05/2011, 18:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia, Selasa (31/5/2011), meresmikan kota Makassar sebagai Pusat Distribusi (hub) untuk wilayah Indonesia Timur. Penetapan Makassar sebagai hub Garuda merupakan bagian dari program pengembangan jaringan (network) dan rute penerbangan di wilayah timur Indonesia.

Serta sebagai upaya mendukung percepatan ekonomi nasional yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Konsep Pembangunan Enam Koridor Ekonomi Nasional.

Dengan penetapan Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur , maka selanjutnya dari Makassar, Garuda akan melayani penerbangan ke tiga belas kota tujuan di domestik dan internasional yaitu Ambon, Balikpapan, Biak, Denpasar, Jakarta, Jayapura, Palu, Surabaya, Gorontalo, Manado, Ternate, Timika dan Singapura.

Peresmian Makassar sebagai hub, dilaksanakan di Makassar secara bersama sama oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bhakti, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar dalam kesempatan acara makan malam bersama di Gubernuran Sulawesi Selatan pada hari Selasa malam (31/05/2011).

Mengingat kota Makassar tumbuh sangat cepat sebagai kota bisnis dan posisi Makassar yang sangat stra tegis dikawasan Indonesia Timur, maka hari ini Garuda membuka Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur, untuk meningkatkan mobilitas masyarakat di kawasan ini bagi peningkatan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat , kata Dirut Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, Selasa kemarin.

Selain itu, peresmian Makassar sebagai hub ketiga Garuda setelah Jakarta dan Denpasar juga dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah yaitu Master Plan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011 2025, khususnya Koridor Ekonomi Sulawesi, yang dicanangkan sebagai Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Pertanian, perkebunan, Perikanan, dan pertambangan Nikel nasional.

Mengingat Koridor Ekonomi Sulawesi disiapkan menjadi garis depan ekonomi nasional terhadap pasar Asia Timur, Australia dan Amerika, maka kini saat terbaik untuk mengembangkan Makassar.

Untuk menunjang pengembangan Makassar sebagai kota bisnis di masa mendatang, Garuda juga membuka rute penerbangan dari Makassar ke beberapa kota bisnis lainnya seperti Singapu ra dan Balikpapan. Ke depan Garuda juga akan membuka Medan sebagai hub untuk kawasan Sumatera dan sekitarnya.

Buka Rute Baru

Seiring penetapan Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur, mulai 1 Juni 2011 Garuda membuka beberapa rute baru dari Makassar untuk semakin memantapkan kota Makassar sebagai kota pusat distribusi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com