Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Tangkap 5 Pemimpin Taliban

Kompas.com - 31/05/2011, 11:08 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Berita belum dikonfirmasi dari sumber-sumber intelijen mengatakan bahwa lima pemimpin Taliban Pakistan (TTP) ditangkap pada Senin (30/5/2011) pagi di daerah Waziristan Utara Gorvait oleh pasukan NATO. Kelimanya kemudian diangkut dua helikopter NATO ke Afganistan.     

Menurut sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, penangkapan itu dilakukan pasukan NATO tanpa memberi tahu Pemerintah Pakistan.          Badan-badan politik di Waziristan Utara juga membenarkan berita-berita itu.     Sejauh ini tidak ada laporan resmi tentang operasi pagi hari itu dilakukan pasukan NATO di Waziristan Utara, satu daerah kesukuan di barat laut Pakistan, yang diyakini sebagai kubu kelompok garis keras di negeri itu, yang sering melancarkan serangan terhadap pasukan NATO di Afganistan melintasi perbatasan.     

Pada 2 Mei, pasukan AS melakukan serangan di kota barat laut Pakistan Abbottabad, di mana pemimpin Al Qaeda , Osama bin Laden, dibunuh di kompleks tersebut.      

Saat itu pihak AS tidak memberitahukan pihak Pakistan sampai penyerbuan selesai dan itu menyebabkan protes keras dari pihak Pakistan.    

Pakistan menganggap tindakan sepihak yang diambil Amerika Serikat itu telah secara serius melanggar wilayah kedaulatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com