Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mladic Diperintahkan Diekstradisi

Kompas.com - 28/05/2011, 03:31 WIB

Beograd, Jumat - Buron perang Bosnia paling dicari, Ratko Mladic (69), kini tinggal menunggu waktu untuk diekstradisi ke Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag setelah sebuah pengadilan di Beograd, Jumat (27/5), menyatakan Mladic cukup fit untuk diekstradisi dan diadili atas tuduhan melakukan kejahatan perang.

Keputusan Pengadilan Beograd ini mematahkan kesaksian anaknya, Darko Mladic, yang mengatakan bahwa Ratko Mladic, yang mantan komandan militer Serbia Bosnia pada masa Perang Bosnia 1992-1995 ini, mengalami dua kali stroke selama hampir 16 tahun pelariannya. Mladic, menurut anaknya, juga dituturkan mengalami kelumpuhan sebagian tangannya dan hampir tak bisa bicara.

Pengacara Mladic, Milos Saljic, mengatakan, pihaknya akan mengajukan upaya banding atas putusan praperadilan Pengadilan Beograd ini, Senin nanti. Apabila upaya banding pengacaranya ini ditolak, dalam hitungan jam, Ratko Mladic, yang dinilai bertanggung jawab atas pembantaian 8.000 warga Muslim Bosnia di kota Srebrenica tahun 1995 dan kekejaman yang terjadi selama 43 bulan pendudukan Sarajevo ini, akan segera diekstradisi dari Beograd.

”Dia tetap tak merasa bersalah atas segala yang dituduhkan kepadanya,” kata Darko Mladic kepada pers di luar Pengadilan Beograd.

Ketika dihadapkan pada sidang dengar pendapat di Beograd, Serbia, Kamis lalu, lelaki, yang dulu pada masa menjadi komandan militer dikenal garang dan kejam ini, tampak lemah, pipinya pun cekung keriput.

Menurut pengacaranya, pengadilan bahkan sempat menghentikan pertanyaan kepadanya karena kliennya ”dalam kondisi parah dan sulit menjawab”. Seorang pejabat pengadilan bahkan berpendapat Radko Mladic tampak mengalami disorientasi dan kelelahan.

Juru bicara Pengadilan Beograd, Maya Kovacevic, mengakui, memang Ratko Mladic kini mengalami sejumlah penyakit kronis, ”akan tetapi dia masih bisa mengikuti persidangan,” kata Kovacevic kepada para wartawan di luar ruang pengadilan.

Mladic ditangkap pada Kamis pagi dini hari di Desa Lazarevo di timur laut kota Zrenjanin, sekitar 100 km dari ibu kota Serbia, Beograd. Ia berada di peternakan milik familinya.

Reaksi atas penangkapan Mladic ini di Serbia disambut mendua. Bagi sejumlah keluarga korban yang masih hidup, tindakan ini disambut gembira. Sementara itu, bagi kaum ultranasionalis, penangkapan yang diumumkan sendiri oleh Presiden Serbia Boris Tadic pada Kamis lalu itu disambut aksi protes. Radko Mladic, bagi kalangan ultranasionalis, malah dianggap sebagai pahlawan.

Pemerintah Serbia saat ini bahkan melarang warganya melakukan pertemuan publik dan memperketat keamanan guna menghadapi aksi protes kaum ultranasionalis Serbia ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com