Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Antibom Obama Mogok

Kompas.com - 24/05/2011, 09:50 WIB

DUBLIN, KOMPAS.com — Mobil kepresidenan Amerika Serikat yang biasa disebut The Beast dirancang sebagai mobil yang superkuat. Mobil Cadillac itu antipeluru dan antibom demi keamanan Presiden Barack Obama. Sayangnya, mobil itu tidak antimogok.

Ketika Obama ke Irlandia untuk mengunjungi rumah nenek moyangnya di County Offaly, mobil berpintu setebal 20 cm itu mogok saat akan keluar dari Kedutaan Besar AS di Dublin, Senin (23/5/2011). Diduga mobil itu tersangkut tanjakan di pintu gerbang kedubes.

Ketika mobil tak juga bisa digerakkan, pintu belakang terbuka. Tampak seseorang keluar dari mobil, tetapi sosoknya tidak kelihatan jelas karena tertutup pintu mobil dan dijaga seorang anggota Secret Service. Bahkan sebuah mobil van yang awalnya diparkir di luar gedung kedubes langsung bergerak ke depan gerbang sehingga menutupi pandangan ratusan warga Dublin yang berjajar di tepi jalan.

Menurut juru bicara Secret Service, Robert Novy, The Beast yang tersangkut itu merupakan mobil cadangan. "Hanya membawa beberapa staf dan personel pendukung. Mereka langsung kami pindahkan ke kendaraan lain."

Novy menambahkan, rombongan Presiden Obama kemudian keluar melalui jalan lain. "Tidak ada insiden lainnya dan tidak ada yang terluka," ujarnya.

"Ukuran mobil itu memang sering menjadi masalah dan ini akan menjadi pertimbangan untuk proses selanjutnya," tegasnya.

Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran dalam tim pengamanan Obama. Tim Secret Service melakukan banyak hal untuk memastikan keamanan Obama selama berkunjung ke Inggris di tengah ancaman Al Qaeda untuk membalas dendam atas kematian Osama bin Laden.

The Beast dibuat oleh General Motors dengan spesifikasi sangat khusus demi keamanan Obama. Mobil sepanjang 5 meter dan berat 8 ton ini memiliki persediaan oksigen sendiri untuk antisipasi serangan kimia. Rodanya juga antibocor dan tetap bisa berjalan dan kondisi ban kempes.

Bila Obama berada di dalamnya, The Beast disebut Cadillac One.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com