Dicekal UE, Mugabe Akan Hadir di Vatikan

Kompas.com - 29/04/2011, 19:24 WIB
EditorEgidius Patnistik

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Vatikan mengatakan, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe akan menghadiri upacara beatifikasi Paus Yohanes Paulus II, Minggu (1/5/2011), walaupun dilarang melakukan perjalanan ke Uni Eropa (UE).

Juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, Jumat, mengatakan, Mugabe berada dalam daftar 22 pemimpin dunia yang telah mengonfirmasi kehadiran mereka untuk acara beatifikasi itu. "Zimbabwe adalah sebuah negara yang punya hubungan diplomatik dengan Takhta Suci. Karena itu, tak ada apa-apa yang disembunyikan," katanya.

Vatikan adalah negara berdaulat dan bukan bagian dari Uni Eropa. Ketika akan ke Vatikan, Mugabe harus transit melalui ibu kota Italia, Roma, yang merupakan anggota Uni Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.