Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Terus Berunjuk Rasa

Kompas.com - 23/04/2011, 04:48 WIB

Kairo, Kompas - Rakyat Suriah, kemarin, seusai shalat Jumat kembali menggelar aksi unjuk rasa menentang rezim Presiden Bashar al-Assad di berbagai kota. Puluhan ribu warga turun ke jalan di kota Daraa (Suriah selatan), Salmiyah, Homs, Douma, dan Qamishli (Suriah tengah).

Rakyat Suriah dalam jumlah lebih kecil juga berunjuk rasa di ibu kota Damaskus. Rakyat Suriah menyebut hari Jumat kemarin sebagai hari ”Jumat kebesaran”.

Unjuk rasa tersebut merupakan tantangan serius bagi Presiden Assad setelah sehari saja (hari Kamis lalu) mengeluarkan dekret pencabutan undang-undang darurat, pembubaran pengadilan keamanan negara, dan memberikan hak berunjuk rasa secara damai.

Assad juga menunjuk Ghassan Mustafa Abdel El Al sebagai gubernur baru untuk Provinsi Homs. Kota Homs dan sekitarnya selama sepekan ini dilanda aksi unjuk rasa antirezim Assad secara besar-besaran.

Aktivis politik Suriah, Ayman Aswad, dari kota Daraa kepada stasiun televisi Al Jazeera menegaskan, pencabutan undang-undang darurat tidak cukup.

”Otoritas Suriah harus segera membebaskan semua tahanan politik serta menyelenggarakan pemilu yang bebas dan transparan dengan undang-undang pemilu yang adil,” kata Ayman Aswad.

Menurut dia, aksi unjuk rasa akan terus berlanjut sebelum otoritas Suriah membebaskan tahanan politik dan ada agenda waktu tentang penyelenggaraan pemilu demokratis.

Inginkan rezim tumbang

Aktivis internet Suriah yang dikenal sebagai penggerak unjuk rasa Suriah melalui jejaring sosial di internet, Miladza Omran, mengatakan, pencabutan undang-undang darurat tak mengubah keadaan karena tuntutan rakyat Suriah adalah tumbangnya rezim Assad.

Miladza Omran adalah nama aktivis oposisi Suriah yang dalam jejaring sosial dikenal dengan nama Rami Nakhla. Ia meninggalkan Suriah menuju Beirut beberapa waktu lalu setelah diburu aparat keamanan. Omran diburu lantaran aktivitas oposisinya terhadap rezim Assad melalui jejaring sosial di internet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com