Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Ekspor Jepang Jatuh

Kompas.com - 21/04/2011, 02:53 WIB

KOMPAS.com — Gempa dan tsunami berkekuatan 9,0 yang melanda Jepang pada Jumat (11/3/2011) nyatanya membuat nilai ekspor Jepang jatuh. Pasalnya, sebagaimana warta AP dan AFP pada Kamis (21/4/2011), bencana alam itu merusak sejumlah infrastruktur. Alhasil, proses pengiriman sejumlah barang ekspor pun terganggu.

Kementerian Keuangan Jepang mengatakan, ekspor Negeri Sakura tersebut pada bulan ini jatuh hingga 2,2 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Sejumlah analis sebelumnya memperkirakan nilai ekspor Jepang akan jatuh sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya.

Salah satu faktor yang cukup memengaruhi penurunan nilai ekspor tahun ini adalah terpuruknya ekspor mobil yang jatuh hingga 28 persen dibanding tahun sebelumnya. Gempa juga telah mengakibatkan terganggunya rantai suplai barang.

Penurunan ekspor ini terjadi untuk pertama kalinya dalam 16 bulan terakhir. Sejumlah pabrik besar di Jepang terpaksa harus menunda produksi karena persediaan bahan baku yang terbatas.

Toyota dan Sony adalah dua di antara banyak perusahaan besar Jepang yang menghadapi persoalan akibat suplai barang yang terganggu. Kondisi ini diperparah oleh pasokan energi yang masih terganggu.

Pengamat memperkirakan, kondisi seperti ini kemungkinan masih harus dihadapi oleh sejumlah perusahaan di Jepang hingga paling tidak akhir tahun ini.  
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com