Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ai Weiwei Masuk Bui?

Kompas.com - 03/04/2011, 23:02 WIB
KOMPAS.com — Ai Weiwei memang seniman kritis terhadap persoalan hak asasi manusia di China, tanah kelahirannya. Makanya, tatkala AP dan AFP pada Minggu (3/4/2011) mewartakan berbagai laporan soal pelarangan untuknya meninggalkan Beijing, banyak kalangan aktivis menduga bahwa Weiwei masuk bui.

Menurut catatan, dalam dua minggu ini, sekitar 20 aktivis dan pembangkang China menjadi incaran pihak berwajib. Mereka terancam masuk penjara lantaran kegiatan prodemokrasi.   

Seorang asisten Weiwei mengatakan, pihak berwenang di bandara Beijing menahan Weiwei ketika hendak naik ke pesawat terbang jurusan Hongkong. Weiwei tidak bisa dihubungi sejak penangkapan itu dan kepolisian China juga belum memberikan komentar. Pihak berwenang telah menggeledah studio Weiwei. Beberapa orang yang bekerja untuk Weiwei tampaknya telah dibawa ke kantor polisi setempat.

Langkah Weiwei bersikap kritis itu membuatnya masuk radar pasukan keamanan China yang telah lama membuntutinya. Sebelumnya pihak berwenang juga membatasi gerak-geriknya.

Pada November 2010, Weiwei dicegah naik pesawat dengan tujuan Seoul. Ia pun sempat berada dalam tahanan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com