Perancis Hancurkan Pesawat Tempur Libya

Kompas.com - 25/03/2011, 01:02 WIB
Editoryuli

PARIS, KOMPAS.com — Satu pesawat tempur Perancis menghancurkan pesawat militer Libya dengan peluru kendali setelah pesawat itu mendarat di pangkalan udara Misrata di Libya barat, Kamis (24/3/2011).

Juru bicara pasukan bersenjata mengatakan, patroli jet tempur Rafale—bagian dari pasukan koalisi Barat—mengetahui bahwa pesawat Libya melanggar perintah larangan terbang.

"Patroli Perancis melakukan serangan udara ke darat dengan menggunakan senjata AASM setelah pesawat itu mendarat di pangkalan udara Misrata," kata juru bicara yang membacakan pernyataan pasukan bersenjata.

Pesawat tempur Barat menyerang wilayah Libya secara lebih luas pada Kamis setelah tank milik Moammar Khadafy memasuki Misrata semalam, dan mengepung rumah sakit utama.

Sebelumnya, pada hari Kamis, pasukan bersenjata Perancis mengatakan bahwa pesawat mereka telah menyerang pangkalan udara pusat Libya pada dini hari. Itu merupakan penyerangan hari kelima dari negara Barat untuk melawan militer Khadafy.

Sekitar 15 pesawat Perancis telah dioperasikan pada hari Rabu, dan puluhan lainnya semalam, sehingga serangan peluru kendali pun terjadi di pangkalan udara yang terletak sekitar 250 kilometer dari perairan Mediterania wilayah Libya.

Menteri Luar Negeri Alain Juppe membela langkah operasi udara koalisi yang telah dipelopori oleh Perancis. Juppe mengatakan, lima hari bukanlah waktu yang cukup untuk meraih tujuan misi dalam melindungi warga sipil dari jerat serangan tentara Khadafy.

Dia mengatakan, usaha menghancurkan militer Khadafy dapat memakan waktu selama berhari-hari atau beberapa pekan, tetapi tentu saja tidak berbulan-bulan.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X