Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan untuk Optimalisasi Energi Terbarukan

Kompas.com - 24/03/2011, 03:59 WIB

Nawa Tunggal

Masyarakat dunia masih menanti hasil penanganan bencana Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, Jepang, Rabu (23/3). Bagi negara lain yang memiliki PLTN, tragedi itu memberi pesan kuat untuk meningkatkan kewaspadaan. Bagi Indonesia, tragedi itu memberi pesan kuat untuk segera mengoptimalisasikan energi terbarukan.

Hingga Rabu kemarin, para pekerja dibantu teknologi lengan robotik mencoba mendinginkan reaktor PLTN Fukushima. Reaktor pada Unit 3 masih dihadapkan persoalan suhu meninggi akibat batang bahan bakar Uranium 235 meleleh.

Masih ada ketidakpastian. Di antaranya kemungkinan selubung pelindung reaktor akan tetap kokoh menahan panas. Kemungkinan lain, reaktor bocor. Paling dikhawatirkan lagi, kemungkinan panas tinggi dari dalam reaktor menimbulkan tekanan kuat hingga meledakkan reaktor tersebut.

Paparan radiasi nuklir pada skala kejadian 5 untuk PLTN Fukushima terus terjadi. Kontaminasi zat radioaktif iodin di dalam air keran di Tokyo yang berjarak sekitar 250 kilometer dari Fukushima sudah melampaui ambang batas yang aman bagi seorang bayi.

Perairan laut di sekitar Fukushima pun terdeteksi mengandung paparan zat radioaktif pula. Peringatan untuk tidak mengonsumsi sayuran dan susu dari empat prefektur, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, dan Gunma, digencarkan.

Selain bayam, daun bunga serunai, dan canola, sekarang juga diperingatkan untuk tidak mengonsumsi brokoli serta parsley dari keempat prefektur tersebut, karena masuk daftar sayuran terkontaminasi nuklir.

Masyarakat Jepang makin dicekam banyak kekhawatiran, termasuk kekhawatiran mengonsumsi ikan laut. Masyarakat dunia dipaksa pula untuk mewaspadai kontaminasi paparan radiasi nuklir dari setiap barang dan warga yang datang dari Jepang.

Ketua Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) As Natio Lasman mengatakan, setiap warga yang datang dari Jepang dideteksi kadar paparan zat radioaktifnya. Pendeteksian hingga seluruh barang bawaan. Para kru maskapai penerbangan hingga ke kabin-kabinnya juga dideteksi.

”Sejauh ini belum ditemukan paparan zat radioaktif dari Jepang,” kata As Natio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com