Lagi, Kebakaran di Reaktor Nuklir Jepang

Kompas.com - 16/03/2011, 09:43 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com — Kebakaran terjadi lagi di sebuah reaktor nuklir Jepang, Rabu (16/3/2011), sehari setelah pembangkit listrik yang sama memancarkan ledakan radiasi yang membuat panik Jepang yang sudah tegang. Kebakaran tersebut segera teratasi. Namun,  Pemerintah Jepang harus tetap berjuang untuk mengatasi serangkain krisis yang timbul setelah gempa dan tsunami pada minggu lalu.

Kebakaran itu terjadi di reaktor nomor empat dari PLTN Fukushima Daiichi, Rabu pagi, kata Hajimi Motujuku, juru bicara Tokyo Electric Power (TEPCO), pengelola pembangkit itu. Asap telah mengalir dari atap reaktor nomor empat, kata Motujuku.

"Kami segera memberi informasi kepada pemerintah setempat dan bagian pemadam kebakaran mengenai hal itu. Kami tengah berjuang untuk mengatasi kebakaran tersebut," lanjutnya.

Namun, beberapa saat kemudian muncul laporan bahwa kebakaran itu berhasil dikendalikan. "Kami telah menerima informasi dari TEPCO bahwa api dan asap sekarang tidak terlihat dan tampaknya telah keluar dengan sendirinya," kata Minoru Ogoda, juru bicara Badan Keselamatan Nuklir Negara.

Kebakaran dan ledakan telah menghantam reaktor yang sama, Selasa, yang menimbulkan keretakan di atap. Pemerintah telah melaporkan kerusakan pada sebagian dari kontainer yang melindungi reaktor nomor dua di Fukushima, 250 kilometer di timur laut Tokyo.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X