Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saling Klaim di Brega

Kompas.com - 15/03/2011, 19:19 WIB

KOMPAS.com - Suara tembakan rentetan peluru dan ledakan masih terjadi di kota minyak Brega. Menurut warta AP dan AFP pada Selasa (15/3/2011), sampai kini masih terjadi pertempuran sengit antara pemberontak dengan pasukan pro-Moammar Khadafy. Kedua belah pihak sempat sama-sama mengklaim menguasai kota tersebut.

Seorang utusan PBB untuk Libya, menghimbau pemerintah menghentikan kekerasan menanggapi tuntutan oposisi dan memberikan akses secepat mungkin bagi bantuan kemanusiaan.

Di Libya Barat, pasukan pemerintah memasuki kota Zuwara yang dikuasai oleh kelompok oposisi. Pasukan itu menjatuhkan bom-bom di kota Misrata. Tetapi fokus sekarang sudah beralih ke kota Ajdabiya di Libya Timur, kota terakhir sebelum memasuki Benghazi, pangkalan oposisi.

Pasukan oposisi menggunakan strategi bersembunyi di dalam instalasi minyak Brega. Soalnya, mereka yakin, pasukan pemerintah tak akan mengebom kompleks itu.

Sumber-sumber oposisi juga mengatakan terjadi perpecahan antara pejabat tinggi pemerintah. Hal itu tecermin dari sikap beberapa anggota pasukan yang tampaknya enggan menembak warga biasa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com