Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Gol, Selangkah Lagi Barca Lolos

Kompas.com - 09/03/2011, 03:35 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona berhasil unggul 1-0 atas Arsenal pada babak pertama leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (9/3/2011) dini hari WIB. Gol semata watang Barca dilesatkan strikernya, Lionel Messi. Barca cukup mempertahankan kedudukan ini untuk lolos ke perempat final.

Gol Messi terjadi di masa injury time. Berawal dari umpan terobosan Andres Iniesta, Messi mengontrol bola dengan indah sebelum akhirnya menjebol gawang tim tamu.

Bermain tanpa dua bek tengah utamanya, Carles Puyol dan Gerard Pique, Barca langsung mengambil inisiatif serangan. Xavi dan kawan-kawan coba langsung bekerja keras menggempur pertahanan "The Gunners". Akan tetapi, hal ini mendapat kesulitan karena Arsenal tampil alot.

Samir Nasri dan kawan-kawan dengan sigap menutup semua ruang di pertahanan mereka. Akibatnya, umpan-umpan pendek ala Barca menjadi tak berfungsi. Aksi-aksi individu yang coba diperagakan Dani Alves dan kawan-kawan juga tak mampu menembus barikade pertahanan tim tamu yang dipimpin Laurent Koscielny.

Lini tengah tuan rumah yang digalang trio Javier Mascherano, Andrés Iniesta dan Xavi juga kesulitan mengembangkan permainan. Setiap kali menguasai bola, duet jangkar Arsenal, Jack Wilshere dan Abou Diaby, langsung menempel ketat ketiganya. Alhasil, pasokan bola ke lini depan Barca menjadi macet.

David Villa yang sepanjang laga dikawal ketat Johan Djourou mendapat kesempatan bagus di menit ke-33. Lolos dari perangkap offside Villa langsung melepas tembakan datar ke gawang "The Gunners". Apa boleh buat, bola tepat mengarah ke pelukan kiper pengganti Manuel Almunia. Selang tiga menit, Barca nyaris unggul andai saja tembakan Adriano masuk dan tak membentur tiang gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Catalan akhirnya lahir bertkat kejelian Messi. Arsenal sendiri tampil dengan strategi bertahan total di ababk pertama. Cesc Farbregas dan kawan-kawan tak sekali pun mengancam gawang Victor Valdes.

Susunan pemain Barcelona: Victor Valdés; Eric Abidal, Sergio Busquets, Adriano, Dani Alves; Javier Mascherano, Andrés Iniesta, Xavi; David Villa, Lionel Messi, Pedro Arsenal: Wojciech Szcz?sny (Manuel Almunia 18); Laurent Koscielny, Johan Djourou, Gaël Clichy, Bacary Sagna; Jack Wilshere, Abou Diaby, Samir Nasri, Tomas Rosicky; Robin Van Persie, Cesc Fábregas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com