Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kecil Bertenaga Besar

Kompas.com - 11/02/2011, 03:12 WIB

BMW M1 Coupe yang tampil perdana di Detroit Motor Show 2011, Januari lalu, pekan lalu diboyong ke BMW Trans Eurokars Jakarta. Mobil ini langsung menarik perhatian karena mobil ini melengkapi armada M BMW. Bagi konsumen yang menganggap M6, M5, atau M3 terlalu besar, maka M1 bisa jadi pilihan alternatif. Jika M6 mengambil platform Serie 6, M5 (Serie 5), dan M3 (Serie 3), maka M1 mengambil platform Serie 1.

Mengapa M1 menarik perhatian? Oleh karena model M merupakan versi sport berperforma tinggi. Dan, sosoknya yang mungil langsung menarik perhatian karena orang langsung membayangkan kegesitannya.

Apalagi BMW M1 itu didukung oleh mesin berkapasitas 3.0 Liter, 6 silinder segaris, yang diperkuat TwinPower turbo, serta menghasilkan tenaga maksimum 340 PK pada putaran mesin 5.900 rpm dan torsi maksimum 450 Nm pada 1.500-4.500 rpm. Mobil itu juga dilengkapi peranti overboost yang dikontrol secara elektronis, yang menghasilkan tambahan torsi sebesar 50 Nm.

Tenaga dan torsi mesin yang disalurkan ke roda melalui persneling manual dengan 6 tingkat kecepatan sanggup melajukan M1 dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 4,9 detik. Kecepatan maksimum dibatasi pada 250 kilometer per jam.

BMW M1 Coupe berada di Indonesia dalam rangka media preview. Di dunia, penjualannya baru dimulai bulan Mei mendatang. Walaupun harga jual mobil itu belum ditentukan, Presdir BMW Indonesia Ramesh Divyanathan berharap dapat menjual M1 Coupe sebanyak 30 unit. BMW M1 Coupe diproduksi secara terbatas sebanyak 2.700 unit per tahun. (*/JL)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com