Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Yasi Sebesar Badai Katrina

Kompas.com - 02/02/2011, 19:49 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Warga negara bagian Queensland, Australia kini tengah cemas dengan ancaman topan raksasa Yasi. Siklon tropis raksasa itu diperkirakan menerjang wilayah tersebut Rabu (2/2/2011) tengah malam ini dan akan berlangsung beberapa hari.

Badan Meteorologi Australia memperkirakan topan tersebut bakal menerjang dengan kekuatan sangat hebat dan berpotensi memoporakporandakan wilayah tersebut serta mengancam nyawa manusia. Citra satelit memperlihatkan ukurannya terus membesar dan berubah menjadi sistem topan raksasa yang masuk kategori lima.

"Sangat berbahaya dengan kerusakan yang sangat luas. Tiupan angin terkuat dari siklon kategori lima sangat merusak dengan kecepatan hembusan di daratan mencapai 280 kilometer perjam," demikian penjelasan Badan Metoroologi Australia di situs webnya.

Topan kategori 5 merupakan kategori terkuat. Kekuatan sebesar itu setara Badai Katrina yang meluluhlantakkan wilayah New Orleans, AS, pada tahun 2005. Diameter badai diperkirakan mencapai 800 kilometer dan akan menerjang wilayah daratan hingga sejauh 1000 kilometer selama tiga hari.

Seperti diberitakan sebelumnya, topan dengan kekuatan sebesar itu terakhir kali melanda kawasan tersebut pada tahun 1918 yakni topan Innisfail pada 10 Maret 1918.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com