Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, 400 WNI Tiba di Jakarta

Kompas.com - 01/02/2011, 16:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 400 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kairo, Mesir, dievakuasi melalui jalur udara pada Selasa (1/2/2011) ini. Mereka dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (2/2/2011) besok, sekitar pukul 10.00 WIB.

Ketua Satuan Tugas Evakuasi WNI di Kairo Hasan Wirajuda mengatakan, pesawat Garuda Indonesia tipe 747-400 yang akan membawa WNI sudah mendapatkan izin mendarat di Kairo. Pesawat beserta tim pendahulu dijadwalkan meninggalkan Jeddah pukul 16.00 waktu setempat, dan tiba di Kairo pukul 17.00 waktu setempat.

Selanjutnya, Garuda Indonesia bertolak meninggalkan Kairo pada pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 01.00 WIB.

"Garuda Indonesia akan melakukan refuelling di Kairo. Kita sudah mendapatkan izin untuk itu. Dari Kairo, Garuda terbang langsung ke Jakarta," kata Hasan kepada para wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/2/2011).

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa mengatakan, saat ini KBRI di Kairo tengah melakukan mobilisasi sekitar 400 WNI yang mendapat prioritas dievakuasi. Satgas Evakuasi dilaporkan menemui kendala dalam melakukan mobilisasi WNI. Salah satunya adalah pemberlakuan jam siang. "

Yang utama, antara pukul 08.00 hingga pukul 15.00 waktu setempat, 400 WNI harus bergerak dari kediamannya masing-masing menuju tempat penampungan, dan dari tempat penampungan ke bandara," kata Marty.

Sementara itu, Hasan menambahkan, pemerintah Mesir melarang pengangkutan evakuasi dengan menggunakan bus besar.

"Akhirnya, KBRI mengumpulkan mobil-mobil kecil untuk memobilisasi WNI. Evakuasi dibantu local staff dan semua pegawai KBRI," katanya.

Pemerintah Indonesia, kata Hasan, optimis evakuasi tahap pertama ini akan berjalan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com