Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredibilitas Amerika Dipertanyakan

Kompas.com - 30/01/2011, 23:18 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Tokoh Mesir, Muhammad ElBaradei, mempertanyakan kredibilitas Amerika Serikat di Mesir yang masih juga mendukung diktator macam Hosni Mubarak. Menurutnya, AS telah kehilangan muka di Mesir.

"Kalian kehilangan kredibilitas dari hari ke hari. Di satu sisi, kalian mengatakan tentang demokrasi, hukum, dan hak asasi manusia, sementara di sisi lain kalian masih mendukung diktator yang terus menindas rakyatnya," kata ElBaradei dalam wawancara dengan jaringan televisi CBS dari Kairo, Minggu (30/1/2011).

Para pemrotes yang berkumpul di Lapangan Tahrir, Kairo, terus menyerukan Presiden Hosni Mubarak mundur. Mereka menyebut Hosni Mubarak sebagai antek-antek AS. Penunjukan Omar Suleiman, yang merupakan kepala intelijen negara sebagai wakil presiden, dinilai sebagai akal-akalan saja untuk meredam aksi unjuk rasa. Omar Suleiman juga disebut sebagai antek AS.

Kelompok-kelompok pemrotes hari ini menunjuk Mohamed ElBaradei, penerima Nobel Perdamaian dan mantan Kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), untuk bernegosiasi dengan pemerintah Hosni Mubarak. ElBaradei menyerukan pembentukan pemerintahan bersama hingga digelar pemilu yang jujur dan adil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com