Jubir Obama, Robert Gibbs, Undur Diri

Kompas.com - 06/01/2011, 10:45 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Jurubicara utama Presiden Barack Obama, Robert Gibbs, Rabu (5/1), mengatakan, ia akan mundur dan bekerja di luar Gedung Putih untuk mendukung bosnya.

Gibbs, salah seorang penasehat terdekat Obama, memiliki naluri politik tajam. Ia memainkan peran sentral di Gedung Putih dan tidak terbatas pada jabatannya sebagai sekretaris pers tradisional. Ia mengatakan kepada AFP bahwa ia akan bekerja pada upaya pemilihan kembali Obama tahun 2012, serta terus menasehati bosnya itu dari luar Gedung Putih.

Kepergian Gibbs akan terjadi ketika Obama merenungkan perombakan untuk menyegarkan pemerintahnya dan ketika mesin kampanye pemilihannya kembali mulai bergerak. Sejauh ini, belum ada pengganti yang akan ditunjuk untuk menggantikan posisi Gibbs. Banyak orang menyebut kemungkinan penggantinya adalah wakilnya, Bill Burton, dan jurubicara Wakil Presiden Joe Biden, Jay Garney.

Gibbs telah bersama Obama sejak bekas anggota parlemen negara bagian Illinois itu mencalonkan diri menjadi senator tahun 2004, permulaan dari lompatan cepatnya ke tampuk ke kekuasaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X