Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Kota Batu Penuh

Kompas.com - 24/12/2010, 18:52 WIB

BATU, KOMPAS.com - Hotel-hotel di kota Batu, Jawa Timur sudah penuh dipesan. Walaupun masing-masing hotel memiliki kapasitas 50-80 kamar, tapi okupansi sudah mencapai 100 persen akibat liburan Natal dan Tahun Baru.

"Untuk melakukan pemesanan kamar hotel di Kota Batu saat ini sudah penuh, jadi kemungkinan akan kesulitan, hal ini terjadi hingga awal Tahun Baru 2011," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restouran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Uddy Saifudin, Jumat (24/12/2010). Karena itu pemesana kamar hotel maupun restoran di Kota Batu sudah tidak bisa lagi.

Namun begitu hotel dilarang menggunakan papan "penuh" dengan alasan agar tidak mengecewakan tamu. Menurut Uddy, nantinya tamu akan yang datang akan diarahkan ke penginapan yang masih memiliki kamar kosong. Ada 65 unit hotel yang menjadi anggota PHRI Kabupaten Malang. Delapan di antaranya adalah hotel berbintang. Karena itu masyarakat tidak perlu ragu melakukan kunjungan ke Kota Batu. Pihak hotel akan memberikan bantuan alternatif penginapan lain.

"Biasanya bagi wisatawan yang tidak mendapatkan kamar hotel pada libur Tahun Baru, mereka akan beralih ke liburan pada saat Natal ini," ujarnya.

Uddy juga menjelaskan karena momen liburan tahun baru adalah masa panen pemilik hotel, maka hotel menerapkan kebijakan masing-masing. Beberapa hotel enggan menerima tamu yang menginap satu malam saja dan membuat paket menimal dua malam.

Sama seperti daerah lainnya, tambah Uddy, hotel-hotel di Kota Batu juga mengalami kenaikan tarif yakni 25 hingga 50 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com