Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infeksi Saluran Kemih pada Usia Lanjut

Kompas.com - 19/12/2010, 03:43 WIB

 Dr Samsuridjal Djauzi

Ayah saya sekarang berusia 76 tahun. Selama ini beliau cukup sehat.

Setiap pagi beliau menyempatkan diri berjalan kaki. 

Sejak dua tahun lalu ayah mempunyai masalah dengan buang air kemih. Ketika berkemih, ayah merasakan tidak lancar. Kami sudah berkonsultasi dengan dokter keluarga. Pada waktu itu dilakukan pemeriksaan, termasuk pemeriksaan dubur. Oleh dokter keluarga dikatakan, ayah menderita pembengkakan prostat.

Ayah amat takut dengan kanker prostat karena adiknya meninggal akibat kanker prostat. Akibatnya, anjuran dokter keluarga agar ayah berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi sampai saat sekarang ini belum dilaksanakan. Namun, saya berhasil membujuk ayah agar memeriksa di laboratorium dan ternyata hasil PSA ayah normal. Saya juga menjadi tenang.

Namun, dua minggu yang lalu ayah menggigil, demamnya tak terlalu tinggi. Kami ke dokter keluarga dan ayah didiagnosis terkena infeksi saluran kemih. Infeksi tersebut cukup berat sehingga ayah sebenarnya dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit, tetapi ayah berkeberatan. Saya sebagai putrinya merawat ayah di rumah dan untunglah ayah kemudian dapat sembuh dengan terapi yang diberikan oleh dokter keluarga kami.

Saya masih ingat nasihat dokter keluarga agar ayah berkonsultasi dengan dokter urologi karena sangat mungkin infeksi ini akan berulang kembali karena prostat ayah yang bengkak. Infeksi pada orang berusia lanjut, menurut dokter keluarga kami, kadang berbeda dengan orang muda. Demam mungkin tidak menonjol dan jika ayah terkena infeksi yang tidak terdeteksi, infeksi dapat menjadi berat karena kekebalan tubuh ayah menurun. Saya menyimpulkan, kami harus berkonsultasi dengan dokter urologi. Namun, saya memperkirakan kemungkinan prostat ayah harus dioperasi.

Apakah dengan usia ayah yang sudah lanjut operasi tak membahayakan bagi ayah saya? Saya khawatir, operasi akan memperburuk kesehatan ayah. Benarkah dokter urologi selalu akan mengoperasi prostat yang bengkak? Jika infeksi berulang, risiko apa yang akan dihadapi oleh ayah saya. Mohon penjelasan dokter.

N di J

Jawab

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com