Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kapal Patroli China Dekati Senkaku

Kompas.com - 28/11/2010, 17:28 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Dua kapal patroli China dipergoki, Minggu berada di lepas pantai pulau-pulau yang jadi sengketa antara Beijing dan Tokyo.

"Dua kapal itu mulai menjelajahi perairan di dekat pulau-pulau itu, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China, sekitar pukul 07:40 waktu setempat," kata pejabat penjaga pantai.

"Kapal-kapal itu masih bergerak di lepas pantai kepulauan Senkaku. Kapal dan pesawat kami memperingatkan mereka melalui radio agar tidak memasuki perairan wilayah Jepang," katanya.

Baik Tokyo maupun Beijing mengklaim pulau-pulau yang kaya akan sumber alam, yang terletak di perairan sekitar kedua negara itu, merupakan wilayahnya.

Namun, Jepang secara tradisi lebih banyak hadir di daerah itu dan memerintah pulau-pulau tersebut.

Pertikaian wilayah antara China dan Jepang meningkat, setelah Jepang menahan seorang kapten kapal pukat harimau Beijing karena menabrak dua kapal patroli penjaga pantai Jepang.

Kapten kapal tersebut telah dibebaskan, namun hubungan kedua negara menjadi retak.

Penahanan itu memicu protes-protes serius dari China, yang memutuskan atau mengurangi secara dramatis pertukaran politik, kebudayaan dan ekonomi dengan Jepang.

Setelah insiden itu, Beijing mengirim kapal-kapal patroli perikanan ke perairan yang disengketakan beberapa kali, terakhir pada 20 November sebelum menarik mereka Minggu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com