Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sekitar Bromo Masih Beraktivitas

Kompas.com - 27/11/2010, 09:52 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Hingga Sabtu (27/11/2010) pagi ini wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terdekat dengan Gunung Bromo belum terkena abu vulkanik terkait letusan gunung itu.

Menurut Kepala Desa Ngadas Kartono, yang wilayahnya berada sekitar 15 kilometer dari Gunung Bromo, atau tepatnya di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, warga setempat juga masih beraktivitas seperti biasa. Meski demikian, pihaknya tetap meminta  warga agar waspada apabila abu vulkanik gunung tersebut mengarah ke desanya.

"Kami tetap mengimbau kepada warga agar tidak keluar rumah kecuali dengan keperluan yang mendesak, " katanya.

Ia mengatakan, meski Gunung Bromo kembali mengalami erupsi non-letusan atau fase erupsi efosif akibat naiknya magma ke atas permukaan pada pukul 05.09 WIB pagi, wilayahnya masih aman dari arah abu vulkanik tersebut.

"Hingga pagi ini tidak gangguan apa pun, dan abu vulkanik yang dikabarkan mengarah ke Malang itu menuju ke arah hutan serta masih jauh dan aman," ujarnya.

Hingga kini abu vulkanik yang sebelumnya berada sekitar tiga kilometer dari pusat gunung tersebut saat ini meningkat menjadi 6,5 kilometer sehingga jarak antara Desa Ngadas dan abu tersebut masih sekitar 8,5 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com