Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Jalanan, Ojek, dan Asongan "Libur"

Kompas.com - 09/11/2010, 13:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemandangan berbeda tampak di sekitar hotel Shangri-La, tempat Presiden Barack Obama akan menginap di Indonesia. Biasanya, di sekitar hotel berbintang lima ini tampak aktivitas anak jalanan, pedagang asongan, dan tukang ojek yang biasa mangkal di depan hotel. Namun, Selasa (9/11/2010), mereka "libur" karena kedatangan Obama.

"Disuruh tiga hari enggak jualan di depan hotel Shangri-La. Biasanya ramai kalau jualan di depan Shangri-La," kata Teguh, seorang pedagang asongan yang ditemui Kompas.com di depan Taman Pemakaman Umum Karet, Selasa.

Selain asongan, anak jalanan yang biasa meminta-minta di perempatan Karet juga tidak terlihat. Padahal, di satu pemberhentian biasanya ada tiga sampai empat anak jalanan, duduk atau berkeliling meminta uang.

Begitu halnya dengan aktivitas tukang ojek di depan hotel tersebut, mereka juga diminta tidak berada di depan hotel. "Saya pindah tempat saja. Ada teman yang memilih enggak kerja dulu sampai diperbolehkan," kata Edi, tukang ojek yang ditemui di Karet.

Aktivitas anak jalanan, pedagang asongan, dan tukang ojek diminta libur oleh polisi terkait kedatangan Obama ke Indonesia dan menginap di Hotel Shangri-La, Jalan Sudirman, Kavling 1, Jakarta. "Kan ada Presiden Obama datang. Kami diminta enggak di dekat hotel," kata Teguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com