Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanzania Menggelar Pemilu Presiden

Kompas.com - 31/10/2010, 13:29 WIB

DAR ES SALAAM, KOMPAS.com — Pemilihan umum, Minggu (31/10/2010), digelar di seluruh Tanzania dan di wilayah semi-otonomi kepulauan Zanzibar.

Tempat-tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 06.00 waktu setempat dan satu jam kemudian pemungutan suara dimulai untuk memilih presiden, para anggota parlemen, dan pemimpin daerah di Tanzania dan di kepulauan Lautan Hindia itu.

Tempat-tempat pemungutan suara akan ditutup pada pukul 16.00 waktu setempat.

Presiden Tanzania Jakaya Kikwete, yang diperkirakan akan terpilih kembali, memberikan suara di rumahnya di luar kota utara ibu kota Dar es Salaam.

Kikwete (60) menyatakan keyakinannya, partainya Chama Cha Mapinduzi (CCM) atau Partai Revolusioner akan menang.

Pesaing terdekatnya adalah calon yang tampil untuk pertama kalinya, Wilbrod Slaa dari Partai CHADEMA, yang hanya mencatat 10 persen dalam jajak pendapat baru-baru ini.

Di Zanzibar, sekitar 400.000 pemilih akan memilih di antara tujuh kandidat, tetapi tokoh CCM, Ali Mohamed Shein dan Seif Sharif Hamad dari oposisi Civic United Front, berada di antara calon populer.

Kampanye menjelang pemilu Minggu merupakan kampanye paling bersemangat sejak negara itu memperkenalkan kembali pluralisme pada 1992.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com