Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan, Pastor Alape Sang Penerus

Kompas.com - 28/09/2010, 11:06 WIB

KOMPAS.com — Dalam hitungan beberapa hari pasca-kematian Jorge Briceno alias Mono Jojoy,  Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) mengumumkan nama Felix Antonio Muñoz Lascarro sebagai pengganti Mono Jojoy yang menemui ajal lantaran rentetan muntahan peluru dari senjata-senjata pasukan Pemerintah Kolombia,  Rabu (22/9/2010).

Felix Antonio Muñoz Lascarro, sebagaimana pendahulunya Jorge Briceno, memiliki nama panggilan Pastor Alape, tulis colombiareports.com, Selasa. Alape sebentar lagi masuk dalam Komando Tinggi FARC. Kelompok ini beranggotakan tujuh orang.

Lascarro dikenal sebagai sosok pria berusia 51 tahun. Ia menyerukan aspirasinya melalui Magdalena Medio Bloc. Di media itu juga, FARC mengeluarkan pernyataan bahwa serangan pemerintah di kawasan La Macarena itu adalah tindakan pengecut.

Kendati demikian, FARC juga menambahkan, pihaknya memerhatikan pertimbangan untuk melakukan perjuangan dialog dengan pemerintah guna mengakhiri pemberontakan berdarah selama ini.

Pada sisi lain, menurut media massa Uwak Sam (US), Pastor Alape yang menghabiskan waktunya di hutan-hutan Kolombia adalah penganjur tindakan kekerasan oleh FARC untuk membunuhi warga sipil. Pastor Alape juga dituding mengorganisasikan jaringan penjualan obat bius ke AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com