Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Tim Penyelamat Alami Kemajuan

Kompas.com - 07/09/2010, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Kerja tim penyelamat untuk mengeluarkan 33 pekerja tambang di Chile mengalami kemajuan. Menteri Pertambangan Chile Laurence Golborne mengemukakan hal itu sebagaimana warta Xinhua pada Selasa (7/9/2010).

Menurut penuturan Golbourne, mesin pengebor Strata 950 sukses membuat lubang berkedalaman 90 meter. Nantinya setelah lubang sedalam 700 meter terbentuk, giliran mesin khusus pengebor batu yang dimanfaatkan. "Pekerjaan itu butuh waktu beberapa minggu lagi," katanya.

Sementara itu, satu mesin yakni T-130 sudah melakukan pengeboran sedalam 26 meter. "Mesin berhenti sementara dipergunakan lantaran ada kesalahan koneksi kabel. Kami sedang melakukan perbaikan secepatnya," imbuh Golbourne.

Di bagian lain, 33 pekerja tambang itu dilaporkan dalam kondisi kesehatan yang baik. Namun, beberapa dari mereka mengalami luka-luka di bagian kulit. Sebagian lagi ada yang mengalami gangguan kesehatan ringan karena kondisi di bawah bumi yang lembap.

Andai tak ada aral melintang, pekerjaan penyelamatan itu akan kelar selama dua bulan dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com