Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Tawarkan Bantuan ke Korut

Kompas.com - 26/08/2010, 18:34 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Palang Merah Korea Selatan, Kamis, mengatakan pihaknya mengirim satu pesan kepada Korea Utara yang menawarkan pengiriman bantuan pangan darurat kepada negara komunis itu. "Korea Utara menerima pesan kami hari ini dan kami menunggu jawaban mereka," kata juru bicara Palang Merah Lee Yoon-Hwan kepada AFP.

Ini merupakan tawaran pertama seperti itu sejak ketegangan meningkat setelah tenggelamnya sebuah kapal perang Korea Selatan  Maret lalu, katanya. Seoul menuduh Pyongyang mentorpedo kapal itu yang menewaskan 46 pelautnya. Korea Utara membantah keras terlibat dalam insiden itu tetapi Korea Selatan memutuskan sebagian besar perdagangan lintas perbatasan dan hubungan.

Korea selatan siap mengirim bantuan seperti pangan dan obat-obatan ke Korea utara, kata Lee dan menambahkan skala bantuan itu akan diputuskan kemudian. Bantuan itu, jika disetujui, dapat membuka jalan bagi perbaikan hubungan antara kedua negara, kata kantor berita Yonhap.

Tahun 2008 Korea Selatan menghentikan pengiriman beras tahunan ke negara tetangganya saat hubungan kedua negara tegang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com