Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Cut Tari dan Ariel Luna Maya Dipercantik

Kompas.com - 25/06/2010, 15:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mempercantik jalur Cut Tari dan Ariel-Luna Maya untuk mengantisipasi lonjakan pemudik saat Lebaran 2010.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suroyo Alimoeso menyebut, istilah Cut Tari digunakan pihak kepolisian untuk menyingkat jalur Cikampek Utara-Ajibarang-Cirebon-Losari. Sementara itu, Ariel-Luna Maya untuk jalur Artapati-Ranca Ekek-Lembang-Nagrek-Tasikmalaya.

"Dua jalur tersebut selalu menjadi favorit pemudik untuk perjalanan darat. Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tengah memperbaiki beberapa lubang di sana untuk mengurangi terjadinya kecelakaan. Ditargetkan, H-14 sudah selesai semua," kata Suroyo, Jumat (25/6/2010).

Kemenhub menurutnya mendapat tugas untuk mendanai perbaikan dan pembangunan 22 terminal antarkota sehingga pemudik yang menggunakan bus bisa merasa nyaman.

"Perbaikan terminal misalnya kami lakukan di Pacitan dan Kalimantan Barat. Sementara itu, yang bangun baru di Wonogiri. Dananya diambil dari APBN 2010 sampai ratusan miliar. Seingat saya, Pacitan itu menghabiskan Rp 30 miliar secara bertahap," imbuhnya. (Gentur Putro Jati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com