Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Batalkan Latihan dengan Israel

Kompas.com - 01/06/2010, 00:34 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Deputi Perdana Turki, Bulent Arinc, Senin (31/5), mengatakan, pemerintah Turki telah memutuskan untuk membatalkan tiga pelatihan militer dengan Israel sebagai protes atas tragedi kapal bantuan kemanusiaan Gaza.

Arinc dalam satu pernyataan pers di ibu kota Turki, Ankara, mengatakan, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan juga telah membatalkan kunjungannya ke Amerika Latin dan dijadwalkan akan kembali ke Turki, Selasa. Sementara itu, Duta Besar Israel untuk Turki Gaby Levy telah dipanggil oleh kementerian luar negeri Turki menyusul serangan Israel terhadap konvoi enam kapal pembawa bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Dalam pertemuan dengan dubes Israel tersebut, Deputi Menteri Luar Negeri Turki, Unal Cevikoz, menyampaikan protes Ankara atas apa yang disebut tragedi kemanusiaan yang tidak dapat diterima. "Serangan itu nyata-nyata melanggar hukum dan norma internasional. Apapun alasannya, tindakan terhadap warga-warga sipil yang terlibat dalam kegiatan damai tidak bisa diterima," katanya.

Pasukan Israel Senin menyerang konvoi internasional ketika hendak memasuki wilayah Gaza, menewaskan lebih 10 orang dan mencederai sejumlah orang lainnya.

Turki sejauh ini dikenal sebagai sekutu penting Israel di kawasan itu dan kedua negara memiliki hubungan erat ekonomi setelah perjanjian kerja sama militer tahun 1996 dan kedua negara secara berkala ikut serta dalam pelatihan-pelatihan militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com