Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khamenei Menyalahkan AS dan Inggris Atas Kerusuhan di Iran

Kompas.com - 21/03/2010, 15:14 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Pemimpin Spiritual Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan dalam pesan tahun barunya kepada rakyat negeri itu, Iran telah mengalahkan semua musuh yang tahun lalu berencana menentang Revolusi Islam.

"Musuh Republik Islam, setelah 30 tahun, memusatkan semua upayanya sehingga dapat mengalahkan revolusi dari dalam," kata Khamenei dalam pesan yang disiarkan oleh stasiun televisi negara, Minggu (21/3/2010).

"Tetapi bangsa Iran, dengan tekad, kesiagaan dan keuletan yang luar biasa menggagalkan rencana musuh," katanya.

Khamenei secara rutin telah menyalahkan negara asing, terutama Amerika Serikat dan Inggris, atas kerusuhan mematikan yang meletus setelah terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad, Juni lalu.

Pesan dari pemimpin spiritual Iran itu disampaikan setelah Presiden AS Barack Obama secara halus mengubah gaya pidato Washington terhadap Iran.

Satu tahun setelah menawarkan awal baru kepada Republik Islam tersebut, Obama menggunakan pesan tahunan Nowrouz-nya untuk tetap membuka pintu bagi dialog, tapi juga lebih banyak mengulurkan tangan kepada rakyat Iran ketimbang kepada para pemimpin mereka di Teheran.

"Bahkan sekalipun kami terus memiliki perbedaan dengan pemerintah Iran, kami akan mempertahankan komitmen kami bagi masa depan yang lebih memilik harapan bagi rakyat Iran," kata Obama dalam pesan yang disiarkan oleh Gedung Putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com