Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Shanghai Berkunjung ke Taiwan

Kompas.com - 08/03/2010, 14:23 WIB

TAIWAN, KOMPAS.com — Wali Kota Shanghai Han Zheng akan berkunjung ke Taiwan pada awal April. Demikian dikatakan pejabat pemerintah kota itu, Senin (8/3/2010), di tengah hubungan lintas Selat Taiwan yang kian menghangat.

"Han, yang diundang oleh timpalannya di Taiwan, akan berada di negara tersebut untuk mempromosikan World Expo. Acara ini akan mulai diselenggarakan di Shanghai, Mei," kata seorang wanita selaku juru bicara.

Kunjungan Han diperkirakan akan menjadi faktor penguat terhadap hubungan lintas selat tersebut setelah Liang Baohua, Ketua Partai Komunis Provinsi Jiangsu (China timur), memimpin sekelompok delegasi ke Taiwan pada November lalu.

Taiwan dan China memiliki pemerintahan sendiri sejak akhir perang sipil pada 1949. Namun, Beijing masih menganggap pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya. Mereka pun berniat akan memiliki pulau itu kembali, bahkan jika perlu dengan cara paksa.

Hubungan di antara kedua negara ini telah membaik, terutama sejak Mei 2008, ketika Ma Ying-jeou, yang bersahabat dengan China, dipilih menjadi presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com