Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Rusia Berangkatkan Lagi Tim Antiperompak

Kompas.com - 24/02/2010, 16:38 WIB

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com - Satuan Tugas Armada Pasifik Rusia Selasa bertolak dari pelabuhan Timur Jauh, Vladivostok, untuk melaksanakan misi anti-perompak di Teluk Aden. Satuan tugas tersebut terdiri satu destroyer rudal klas-Udaloy, Marshal Shaposhnikov, sebuah kapal penarik dan satu kapal tanker.
   
Angkatan Laut Rusia mempertahankan kehadirannya secara permanen di perairan lepas pantai Tanduk Afrika, dengan kapal-kapal perangnya yang beroperasi berdasarkan sistem rotasi. Rusia ikut bergabung dalam upaya anti-perompakan internasional di lepas pantai Somalia pada Oktober 2008.
   
Satuan tugas ini adalah kelompok keempat kapal perang dari Armada Pasifik Rusia yang menjalankan misi anti-perompakan di lepas pantai Somalia, dengan tiga gugus tugas sebelumnya yang dipimpin oleh kapal perusak Laksamana Vinogradov, Laksamana Panteleyev, dan Laksamana Tributs.
   
Selama pergantian tugas, kelompok Armada Pasifik mengawal sekitar 100 kapal komersial dari 26 negara yang berlayar di sepanjang jalur pelayaran Teluk Aden, dan menggagalkan sekitar 20 serangan perompak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com