Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utusan Nuklir Korut Tiba di China

Kompas.com - 09/02/2010, 16:07 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Utusan nuklir Korea Utara Selasa (9/2/2010) tiba di China, bersama dengan seorang pejabat senior China yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Il, sehari sebelumnya.

Kim Kye-gwan, tampak tiba di satu bandara di Beijing bersama dengan Wang Jiarui, seorang pejabat tinggi Partai Komunis China, yang baru saja mengakhiri kunjungan tingkat tinggi selama empat hari ke Pyongyang.

Kunjungan tersebut dilakukan di tengah tuntutan internasional atas program senjata nuklir Korea Utara.

Kim mewakili Korea Utara dalam perundingan perlucutan senjata nuklir dengan imbalan bantuan enam negara, yang macet sejak Pyongyang memutuskan untuk keluar dari forum itu April lalu.

Sebulan kemudian, Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklirnya yang kedua, serta rudal-rudal jarak jauhnya.

Perundingan enam negara melibatkan Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Rusia dan China sebagai tuan rumah.

Saat bertemu dengan utusan China, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Il, menyatakan kembali tujuan Pyongyang untuk membersihkan semenanjung Korea dari senjata nuklir.

Wang Jiarui, yang berada di Pyongyang mengemban misi untuk memulai kembali perundingan enam negara yang bertujuan menghentikan program nuklir Korea Utara, bertemu dengan Kim Senin, dan menyampaikan pesan dari Presiden China, Hu Jintao, kata Kantor Berita China, Xinhua.

"Kim Senin menegaskan kembali sikap negaranya untuk mewujudkan perlucutan senjata nuklir di Senenanjung Korea," demikian dikatakan, ketua departemen internasional Partai Komunis China, dalam pembicaraan dengan Wang, menurut laporan itu.

"Kesungguhan pihak-pihak yang berkaitan untuk memulai kembali perundingan-perundingan enam negara sangat penting," kata Kim, yang dikutip tanpa mengindikasikan apakah Korea Utara berencana untuk kembali ke meja perundingan yang diselenggarakan China, dan lama terhenti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com