Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarkozy - Gates Inginkan Sanksi Kuat Bagi Iran

Kompas.com - 09/02/2010, 03:41 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates sepakat dalam pembicaraan hari Senin bahwa diperlukan sanksi baru yang "greng" terhadap Iran atas program nuklirnya.

"Sarkozy dan Gates setuju bahwa kini saatnya telah tiba bagi penerapan sanksi yang kuat, dengan harapan bahwa dialog bisa dilanjutkan," kata seorang pejabat di kepresidenan Prancis setelah satu jam pertemuan antara kedua pejabat.

Sebelumnya, Iran telah mengatakan kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) PBB bahwa pengayaan uranium hingga 20 persen akan dilakukan. Keputusan ini diduga akanmenjadi jalan bagi Iran untuk menciptakan sebuah bom nuklir.

Prancis dan Amerika Serikat adalah dua di antara negara-negara Barat yang menuduh Iran berusaha membangun senjata nuklir. Iran berkali-kali menegaskan bahwa program nuklirnya tersebut untuk membuat energi.

Para pejabat Elysee (istana kepresidenan) mengatakan, bahwa Sarkozy dan Gates sepakat uluran tangan mereka itu belum disambut oleh Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com