Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Berulah, Pesawat United Airlines Dialihkan

Kompas.com - 25/01/2010, 05:51 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pesawat United Airlines dari Washington tujuan Las Vegas, hari Sabtu dialihkan ke Denver, setelah seorang penumpang berusaha membuka pintu luar pesawat saat pesawat berada di udara. Demikian laporan Denver Post.

Pesawat tersebut mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Denver dan tersangka dibawa ke tempat tahanan untuk diinterogasi.

Juru bicara Bandar udara Denver Jeff Green, sebagaimana dikutip Reuters, mengatakan, jelas tak mungkin untuk membuka pintu luar sewaktu pesawat mengudara.

Pada Kamis (22/1) sebelumnya, pesawat U.S. Airways juga dialihkan ke Philadelphia, setelah seorang penumpang yang tidak patuh mengakibatkan keprihatinan keamanan, tapi kejadian itu belakangan dijelaskan hanya merupakan salah pengertian.

Pesawat tersebut lepas-landas, pada Kamis pagi, dari Bandara La Guardia di New York ke Louisville di Kentucky, dan mendarat di Philadelphia sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Menurut tayangan CBS 3, seorang penumpang pria mengikatkan kawat dari jari sampai kepalanya.
    
Namun pihak pelaksana hukum belakangan menyatakan tingkah-laku penumpang tersebut tak berkaitan dengan rencana teroris, tapi itu adalah ritual agama Yahudi.

Pihak keamanan penerbangan AS melakukan siaga penuh, setelah upaya pemboman yang gagal pada Hari Natal terhadap satu pesawat tujuan AS. Seorang warganegara Nigeria menyelundupkan peledak ke dalam pesawat di pakain dalamnya.

Kejadian Kamis adalah yang paling akhir dari beberapa peringatan bahaya palsu di pesawat AS sejak kejadian 25 Desember. Sejak itu, beberapa pesawat telah dialihkan karena kekhawatiran soal keamanan, tapi terbukti tak membahayakan nyawa orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com