Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Terbakar, 40 Orang Cedera

Kompas.com - 24/01/2010, 18:54 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Sedikitnya, 40 warga Iran cedera ketika sebuah pesawat Tupolev buatan Rusia terbakar saat mendarat di Iran timur laut, Minggu (24/1/2010).

"Sekitar 42 penumpang, dari 157 orang di pesawat itu cedera ketika pesawat itu mendarat di bandara Kota Mashad," kata Gholamreza Massoumi, Kepala Dinas Medis Darurat Iran.

Tidak ada yang tewas, kata juru bicara penerbangan sipil, Iran Reza Jafarzadeh.

Kantor berita resmi IRNA mengatakan, musibah itu terjadi saat bagian paling belakang pesawat milik maskapai penerbangan domestik Taban Airline itu terbakar ketika mendarat. Penyebab insiden itu sedang diselidiki.

Sebelumnya, sebuah pesawat Tupolev dalam perjalanan ke Armenia jatuh di Iran 2009 lalu. Pesawat itu terbakar sewaktu terbang dan jatuh ke daerah pertanian yang menewaskan 168 orang di dalam pesawat.

Iran mengalami sejumlah kecelakaan pesawat dalam beberapa dasawarsa belakangan ini, khususnya melibatkan pesawat buatan Rusia.
     
Sanksi-sanksi Amerika Serikat terhadap Iran menghambat negara itu membeli pesawat baru dan suku-suku cadang dari Barat, yang memaksa Teheran menambah armada Boeing dan Airbusnya yang sudah tua dengan pesawat dari Rusia dan negara-negara bekas Uni Sovyet lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com