Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Guantanamo Bisa Luntang-lantung

Kompas.com - 19/11/2009, 17:25 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Problem besar muncul tatkala penutupan kamp tahanan Guantanamo dilaksanakan tepat waktu, Januari tahun depan. Soalnya, sampai sekarang, Presiden AS Barack Obama masih pusing tujuh keliling mencari lokasi pengganti kamp tersebut.

Sedikitnya, saat ini, masih ada 200 orang tahanan di Guantanamo. Bisa-bisa, bila tak ada tempat pengganti, mereka bakal luntang-lantung bak ayam kehilangan induk!

Nah, yang kini banyak menyebar, khususnya di kalangan komandan militer, penutupan kamp tersebut melebihi tenggat. Itu pun, seperti ditulis BBC, Kamis (19/11), dengan catatan kalau seluruh kesulitan politik yang muncul tuntas terselesaikan.

Sejauh ini belum tampak ada bukti yang menunjukkan persiapan penutupan kamp sedang dilakukan.

Menurut perwira militer yang bicara pada para tahanan itu, penundaan tampaknya tidak mengejutkan mereka. Meski demikian, sebagian besar tahanan merasa tidak yakin bagaimana masa depan mereka kelak.

Para pejabat yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan kamp tersebut mengatakan, suasana di Guantanamo membaik sejak Presiden Obama mengumumkan rencana penutupan kamp. Serangan terhadap para sipir AS di kamp itu menurun. Tak cuma itu, bahkan 17 persen tahanan kini dibolehkan berbaur bersama selama 20 jam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com