Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat dari Kabul Prihatinkan Korupsi di Afganistan

Kompas.com - 12/11/2009, 21:36 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Afganistan Karl Eikenberry memprihatinkan tingginya tingkat korupsi di Afganistan. Makanya, sebelum AS mempertimbangkan penambahan pasukan, lebih baik Presiden Afganistan Hamid Karzai menunjukkan kemampuannya memberantas korupsi.

Seperti ditulis BBC pada Kamis (12/11), surat dari Eikenberry itu dikirim pekan lalu. Surat dari Kabul itu tiba di tengah-tengah perdebatan atas strategi Amerika di Afganistan. Sejauh ini, Presiden Obama belum memutuskan jumlah pasukan baru yang akan dikirim ke negeri Asia Tengah itu.

Selanjutnya, munculnya surat Eikenberry itu bisa dikatakan sangat dramatis. Sebab, surat itu tiba di akhir pekan saat Gedung Putih Tengah membahas cara terbaik melanjutkan operasi militer di Afganistan.

Intervensi ini dapat dipastikan bakal menempatkan sang duta besar dalam posisi sulit terutama menghadapi para petinggi angkatan bersenjata. Sebab, para jenderal justru meminta penambahan pasukan baru di Afganistan.

Sebelumnya, Presiden Obama menggelar rapat untuk mendiskusikan apakah Amerika harus mengirim tambahan pasukan yang berjumlah hingga puluhan ribu untuk menghadapi Taliban.

Saat ini, dari 100.000 orang prajurit koalisi di Afganistan, Amerika Serikat menjadi kontributor utama dengan 68.000 pasukannya di negeri tersebut. 

Sejumlah opsi

Sumber-sumber resmi Gedung Putih mengatakan pemerintahan Obama saat ini tengah mempertimbangkan sejumlah opsi untuk kelanjutan operasi militer di Afganistan. Sejumlah opsi yang disampaikan kepada Presiden Obama masih berkutat seputar pengiriman pasukan tambahan dengan jumlah yang bervariasi.

Opsi-opsi itu antara lain:


1. Mengirimkan sebanyak 40.000 pasukan tambahan. Opsi ini diajukan oleh Komandan Militer AS di Afghanistan, Jenderal Stanley McChrystal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com