Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Shalit Ditayangkan di Israel

Kompas.com - 03/10/2009, 11:13 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com Video tentara Gilad Shalit, yang telah ditahan di Jalur Gaza selama lebih dari tiga tahun, ditayangkan di televisi Israel, Jumat, dalam rekaman yang membuat Israel membebaskan 19 tawanan perempuan Palestina.

Tentara yang kini berusia 23 tahun itu, yang tampak kurus kering dan cekung serta tercukur licin, membaca sebuah potongan surat kabar, kadang tersenyum dan meringis, ketika ia duduk di sebuah kursi menghadap ke dinding putih.

"Saya ingin mengirim salam saya kepada keluarga saya dan mengatakan kepada mereka bahwa saya mencintai mereka dan merindukan mereka serta merindukan hari ketika saya akan melihat mereka lagi," kata Shalit, yang rambutnya dipotong pendek dan memegang salinan sebuah surat kabar Jalur Gaza tertanggal 14 September 2009.

"Saya mengharapkan bahwa pemerintah yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu tidak akan membuang-buang kesempatan sekarang untuk mencapai satu perjanjian," katanya dilansir AFP. Ia merujuk kepada Perdana Menteri Israel.

"Saya dalam keadaan baik, dan mujahidin Brigade Ezzedine al-Qassam memperlakukan saya dengan sangat baik," katanya. Ia merujuk kepada sayap bersenjata gerakan Islam Palestina, Hamasyang memerintah Jalur Gaza. "Saya telah lama menunggu hari pembebasan saya."

Pada akhir rekaman berdurasi 2 menit 40 detik itu, Shalit bangun dan berjalan ke arah kamera untuk melukiskan bahwa ia berada dalam keadaan sehat. Ia juga menceritakan kisah ketika keluarganya mengunjunginya di sebuah markas militer di Dataran Tinggi Golan.

Shalit ditangkap pada Juni 2006, setelah tiga kelompok gerilyawan Jalur Gaza, termasuk Hamas, melewati terowongan keluar dari wilayah kantong itu dan menyerang sebuah pos militer Israel serta membunuh dua tentara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com