Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Angkut 960 Orang Tenggelam, 63 Hilang

Kompas.com - 06/09/2009, 19:50 WIB

MANILA, KOMPAS.com-Penjaga pantai Filipina mengatakan sebuah kapal feri tenggelam yang menyebabkan sedikitnya lima orang meninggal, tetapi 900 lainnya diselamatkan.

Sejauh ini 63 orang hilang setelah kapal feri yang mengangkut 960 orang lebih tenggelam di dekat kota Zamboanga.

Menteri Pertahanan Filipina, Gilberto Teodoro, mengatakan kepada BBC bahwa operasi penyelematan didukung oleh cuaca yang baik dan ada sejumlah kapal di dekat lokasi saat keluar perintah untuk memberi bantuan. Belum jelas penyebab kandasnya kapal itu.

Kapal tersebut berlayar di semenanjung Zamboanga selatan ketika mulai miring. Kapal kemudian mengirimkan sinyal bahaya dan tidak lama kemudian, polisi air angkatan laut, angkatan udara serta kapal-kapal pribadi menuju lokasi untuk memberikan bantuan.

Superferry 9 dikatakan mengangkut 847 penumpang dan 117 awak kapal, ditambah dengan empat pengawal laut dalam perjalanan General Santos ke Ilioilo. Pernyataan yang dimuat di situs internet Superferry, menyebutkan kapal mulai miring ke arah kanan pukul 02.30 hari Minggu waktu setempat.

Para penumpang diperintahkan untuk mengenakan jaket pelampung sementara kapten kapal berusaha memulihkan posisi kapal, kata pernyataan Superferry. Ketika kapten memutuskan kecondongan kapal itu tidak bisa dikembalikan, maka dia mengeluarkan perintah untuk meninggalkan kapal, dan sekoci kemudian diturunkan.

Sejumlah pejabat mengatakan orang-orang yang berhasil diselamatkan kemudian dipindahkan ke kapal angkatan laut, dua kapal sipil yang berada di dekat lokasi dan sejumlah perahu yang menuju lokasi setelah menerima sinyal bahaya.

Angkatan udara dan angkatan darat Filipina telah mengirimkan helikopter untuk membantu pencarian. Laksamana Wilfredo Tamayo dari penjaga pantai Filipina, mengatakan pihaknya berharap para penumpang yang masih hilang telah diselamatkan oleh kapal-kapal labin. Penyebab tenggelamnya kapal belum diketahui, tetapi kondisi cuaca dilaporkan cukup baik ketika kecelakaan terjadi.
 
          

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com