Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser "Comeback" Itu Pun Batal

Kompas.com - 26/06/2009, 08:01 WIB

KOMPAS.com — Semakin uzur, Michael Jackson semakin menjauh dari publisitas. Entah apa alasan pasnya, tapi sosok yang dinobatkan sebagai "King of Pop" ini berulang kali dirundung masalah.

Sekitar enam tahun silam, pemilik nama lengkap Michael Joseph Jackson ini mesti berhadapan secara hukum dengan penggugat yang mengaku diserang secara seksual oleh pelantun "Billie Jean" tersebut selama Wolrd`s Fair di New Orleans 1984.

Jackson, kelahiran 25 Agustus 1958, yang mengawali karier di The Jackson Five pada 1971 itu, juga terpaksa kehilangan Neverland Ranchnya. Kawasan seluas 12 kilometer persegi di Los Olivos, California, itu adalah aset Jackson demi mewujudkan mimpinya akan pulau fantasi di cerita Peterpan. Kawasan itu dilengkapi dengan kebun binatang dan taman bertema.

Dioperasikan pada 1988, Neverland dibeli dari seorang usahawan lapangan golf, William Bone. Banderol harganya ditaksir 120 juta dollar AS. Namun, gara-gara Jackson harus merogoh kocek dalam untuk berperkara, "taman impian" itu pun terpaksa dilego.

Nah, tampaknya, untuk kembali mengisi pundi-pundinya, Jackson yang sempat kebanjiran uang oleh begitu larisnya Thriller besutan 1982 hingga 104 juta kopi ini bakal kembali lagi menjumpai penggemarnya.

Setelah 12 tahun vakum, Jackson dalam dua minggu ke depan atau tepatnya pada 8 Juli akan tampil pada konser comeback di O2 Arena, London.

Untuk soal raihan uang, Billboard pun sudah hitung-hitungan. Setiap pertunjukan, Jackson bisa menyedot 15.000 penonton. Kalau harga tiketnya per lembar per orang Rp 1 juta, dana yang bakal diraup bisa mencapai 90 juta dollar AS atau Rp 928 miliar. Jumlah ini belum terhitung penjualan tiket premium dan VIP.

Lalu, penjualan tahap kedua diperkirakan bisa menambah uang hingga 100 juta dollar AS lebih atau setara Rp 1 triliun. Tambahan lainnya adalah penjualan pernak-pernik konser yang bakal mencapai angka Rp 154 miliar atau 15 juta dollar AS.

Rupanya, sudah ada kesepakatan dengan pihak promotor konser, AEG, kalau Jackson mengutip keuntungan 50 juta dollar AS dari penjualan tiket meski untuk soal ini AEG emoh bicara.

Sebelumnya, 1 juta tiket konser perdana tersebut sudah ludes terjual saat penjualan tiket dibuka pada 13 Maret. Konser yang dimulai pada Juli akan dilanjutkan pada Agustus dan September. Lalu, konser ini dilanjutkan kembali di London pada Januari dan Februari 2010.

Cuma, rencana Tuhan nyatanya berkehendak lain. Alih-alih kembali memamerkan gaya moonwalk, Michael Jackson yang kini berkulit putih itu sudah keburu dijemput ajal, Kamis (25/6). Konser comeback itu pun batal.... (Josephus Primus---dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com