Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

American Airlines PHK 1.600 Pekerja

Kompas.com - 12/06/2009, 14:21 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Gelombang pemecatan karyawan sepertinya belum akan berakhir. Kali ini, American Airlines milik AMR Corp akan memangkas sekitar 1.600 pekerja. Adanya pengurangan tersebut setara dengan 2,4 persen dari total armada, 67.000 unit.

Saat ini, maskapai penerbangan AS mengalami penurunan pendapatan. Pihak maskapai penerbangan berlomba-lomba memangkas tarif untuk menarik konsumen yang kian berkurang sejak terjadinya krisis. Tidak sampai di situ saja, adanya lonjakan harga bahan bakar hingga 31 persen sejak pertengahan Mei kian memberatkan maskapai.

“Ini merupakan masa berat bagi maskapai dan perekonomian kita. Resesi telah menggerus pendapatan maskapai dan tidak ada cara yang paling mudah untuk mengumumkan lagi kabar buruk lainnya,” ujar Jeff Brundage, Senior Vice President for Human Resources.

Brundage bilang, American Airlines kemungkinan akan memangkas kembali pekerjanya dalam beberapa tahun ke depan akibat adanya penurunan kapasitas. Tahun lalu, maskapai sudah mengeliminasi sekitar 6.840 pekerja.

Sementara itu, Delta Air Lines Inc bakal memangkas gaji para karyawannya. Delta Air sepertinya juga tengah mempertimbangkan untuk merestrukturisasi jumlah pekerja. Namun, belum diketahui secara pasti, berapa jumlah karyawan yang bakal dipangkas. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com